Kumpulan Artikel Kami

Saturday, December 14, 2019

Warga Dupak Punya KSDM (Komunitas Seduluran Dupak Masigit) dan Makna Logonya

Siang ini (Sabtu 14 Desember 2019) Grub kepengurusan RT dan RW di RW.02 Kel. Jepara Surabaya periode sebelumnya diketuai oleh H. Budi Leksono, SH atau lebih akrab di panggil KAJI mendadak berganti nama Seduluran ku Dumas oleh Kaji. Hal ini dilakukan agar keoengurusan terdahulu tetap solid menjalin silahturahmi seduluran walaupun sudah tidak merangkap sebagai pengurus kampung. Namun, tidak semuanya tidak menjadi pengurus, karena masih ada yang menjabat senbagai Ketua RT periode betikutnya.

Untuk memiliki identitas diri, maka komunitas ini pun membuat sebuah logo dan kelompok yang diberinama KSDM (Komunitas Seduluran Dupak Masigit).

Walupun sempat sedikit ada hal yang berbeda pendapat dalam penentuan Logo pada ide awal, maka disepakati bentuk logo sebagai berikut:
Logo KSDM (Komunitas Seduluran Dupak Masigit)
MAKNA DAN ARTI LOGO KSDM
Secara umum, Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat sebagai pengganti dari nama sebenarnya.

Logo harus memiliki filosofi dan kerangka dasar berupa konsep dengan tujuan melahirkan sifat yang berdiri sendiri atau mandiri. Logo lebih lazim dikenal oleh penglihatan atau visual, seperti ciri khas berupa warna dan bentuk logo tersebut.

Logo memiliki 5 unsur yang harus dipenuhi. Yaitu:
  1. Kesatuan (berhubungan)
  2. Dominasi (daya tarik)
  3. Irama (berkesinambungan)
  4. Proporsi (enak dipandang) dan
  5. Keseimbangan (sama)
Logo yang baik bisa mewakili produk atau perusahaan dan juga mudah diingat.


Adapun makna Logo Dari KSDM, sebagai Berikut:

1. Lingkaran
Lingkaran; melambangkan sebuah tameng, sebagai lambang Ketahanan Nasional.

2. Bunga Teratai Yang Mulai Mekar
Melambangkan unsur yang dijiwai semangat kemasyarakatan (sosial).

3. Bunga Teratai
Bunga Teratai yang mekar berdaun lima helai; melambangkan lingkungan kehidupan masyarakat yang sejahtera merata berlandaskan Pancasila.

3. Arti Warna
  1. Putih melambangkan Kesucian, tidak tercela, tidak ternoda
  2. Merah melambangkan Keberanian, sabar, tenang, dan dapat mengendalikan diri, tekad pantang mundur
  3. Kuning melambangkan Keagungan atas keluhuran budi pekerti 

No comments:

Post a Comment

Kami harapkan artikel yang ada dapat bermanfaat bagi pembaca setia kami. Kami Harapkan saran dan kritik yang membangun atas artikel maupun blog kami. Dan jangan lupa berlangganan artikel kami. Terima Kasih

Ttd.
Admin Blog Kartar Mahameru RT.15 RW.02 Kel. Jepara Surabaya