Kumpulan Artikel Kami

Wednesday, February 6, 2019

PPK Dapil 1 Kota Surabaya Gelar Simulasi Pemilu 2019

Selasa pagi (5/02/2019), guna mensukseskan Pemilu Serentak dan mengantisipasi kesalahan ketika pemungutan suara dan penghitungan suara (pungra tungra).

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang adakan simulasi pungra tungra tergabung dalam Daerah Pemilihan (Dapil) 1 yaitu Kecamatan:

  • Bubutan, 
  • Genteng, 
  • Gubeng, 
  • Krembangan, 
  • Simokerto, dan 
  • Tegalsari.
Bertempat di aula Kecamatan Tegalsari, simulasi dengan tema “Belajar Bersama Proses Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pemilu 2019” tersebut melibatkan langsung Panitia Pemungutan Suara dari masing-masing kecamatan di dapil 1.

Tujuannya adalah agar jajaran ditingkat PPK dan PPS memahami proses ketika pemungutan suara sampai dengan perhitungan suara, menganalisis kesalahan, kekurangan, dan sekaligus memberikan pemahaman tugas masing-masing penyelenggara.

Serta tidak kalah penting adalah memprediksi waktu yang akan dibutuhkan ketika proses perhitungan suara ketika pemilu berlangsung.
loading...

loading...
Komisioner beserta staf sekretariat KPU Surabaya turut hadir menyaksikan proses berjalannya simulasi tersebut.

Serta memberikan cacatan untuk menjadi bahan evaluasi dan yang perlu diperbaiki.

Beberapa skenario dibuat untuk mengetahui kesiapan dari PPK yang ditunjuk menjadi KPPS, seperti pemilih yang melakukan pindah pilih, tertukarnya surat suara, sampai dengan skenario TPS yang melayani pemilih disabilitas agar kesalahan bisa diminimalisir agar tidak terjadi pada 17 April 2019 mendatang.

Diakhir sesi simulasi, dilakukan evaluasi dan masukan dari seluruh peserta untuk kemudian menjadi bahan pembelajaran untuk simulasi selanjutnya serta bahan materi ketika saat bimbingan teknis pungra dan tungra mendatang. (guh/esar)

No comments:

Post a Comment

Kami harapkan artikel yang ada dapat bermanfaat bagi pembaca setia kami. Kami Harapkan saran dan kritik yang membangun atas artikel maupun blog kami. Dan jangan lupa berlangganan artikel kami. Terima Kasih

Ttd.
Admin Blog Kartar Mahameru RT.15 RW.02 Kel. Jepara Surabaya